Sunday, September 27, 2015

Memahami Arti Teknologi Dual VVTi dan Cara Kerjanya

Memahami Arti Teknologi Dual VVTi dan Cara Kerjanya. Ada kalanya kita belajar teknologi andalan Toyota yakni VVT-i. Seringkali kita mendengar teknologi yang satu ini namun terkadang kita masih belum memahami artinya. VVT-i memiliki singkatan dari Variable Valve Timing with Intelligence yang merupakan mesin berteknologi variable valve timing.

Gambaran lebih simple nya begini.. pada dasarny, VVT-i adalah mengoptimalkan torsi mesin pada setiap kecepatan dan kondisi mengemudi yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih efisien dan juga dapat menurunkan tingkat emisi bahan bakar serendah mungkin.

Lantas bagaimanakah cara kerjanya?. VVT-i mempunyai cara kerja yang sederhana. Untuk menghitung buka tutup katup (valve timing) yang optimal, ECU (electronic control unit) akan menyesuaikan dengan kecepatan mesin , volume udara masuk, posisi throtle (akselerasi) dan temperarur air.

Agar target valve timing senantianya  terwujud maka sensor posisi crankshaft memberikan signal  yang menjadi respon koreksi

Sistem VVT-i ini akan mengoreksi valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar dan udara. Disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung untuk menghasilkan torsi optimal di tiap tiap putaran dan beban mesin.

Dengan begitu akan menghasilkan tenaga yang optimal , hemat bahan bakar, serta ramah lingkungan. Dengan teknologi ini membuat biaya pemeliharaan menjadi lebih minim karena tune-up seperti setel klep dan lain sebagainya sudah tidak diperlukan lagi.

Bagaimanapun kendaraan yang dipakai secara terus menerus wajib dilakukan pemeriksaan secara rutin. Kami sarankan langsung ke dealer resmi Toyota saja karena diperlukan peralatan komputer untuk diagnosa keadaan mesinnya.

Sudah lebih dari satu Toyota yang mengadopsi teknologi mesin VVT-i ini seperti Toyota Grand New AvanzaToyota Kijang InnovaToyota Vios dan Toyota Corolla Altis

Nah.. semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan harapan kami Anda sudah mulai memahami arti dan cara kerja mesin VVT-i ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca " Memahami Arti Teknologi Dual VVTi dan Cara Kerjanya".

INFO PEMESANAN HUB :
ANDIK TOYOTA
081216611400
08563341600
PIN BB 2ACAAB31

No comments:

Post a Comment