Saturday, September 22, 2012

SPESIFIKASI NEW TOYOTA AGYA


Toyota Agya TRD-S
           Seperti dugaan sebelumnya baik Astra Toyota Agya maupun Astra Daihatsu Ayla sama-sama jadi daya tarik utama pada masing-masing both mereka. Hal ini karena banyaknya pemberitaan di berbagai media baik cetak maupun internet yang menggugah rasa ingin tahu masyarakat akan calon mobil murah Toyota dan Daihatsu ini. Tak ayal banyak pengunjung pameran mobil Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 yang mengerubungi display mobil Agya dan Ayla. Mereka pun tak sungkan bertanya spesifikasi mobil imut ini.
        Mengutip kabar dari dapurpacu.com pihak Toyota Astra Motor memastikan Toyota Agya akan tersedia dalam 3 varian. Varian tersebut adalah Toyota Agya TRD-S, High-Grade (G), Medium-Grade (E)
           Spesifikasi Toyota Agya terbagi sebagai berikut:
        Toyota Agya TRD-S diinspirasi dari TRD (Toyota Racing Development) dengan ciri aerokit yang menempel pada bodi mulai dari depan, samping dan belakng. Kemudian ditempelkan pula emblem TRD-S dan stiker TRD-S sebagai penegas kesan sporty.
Toyota Agya High-Grade (G)

          Toyota Agya High-Grade (G) menampilkan eksterior dengan detail chrome pada grille radiator dan molding pelindung samping pada bodi. Lapisan chrome tersebut diaplikasikan pada pegangan pintu luar, lis bodi samping, horizontal grille, serta bingkai rumah fog lamp. Desain handle pintu dan spoiler belakang yang sporty juga menambah kesan mewah. Sedangkan Toyota Agya Medium-Grade (E) terlihat tampil apa adanya, penerapan chrome hanya pada sebuah horizontal grille, sementara lampu kabut ikut hilang pada varian terendah ini. Namun dari semua varian Toyota Agya yang nampang di IIMS 2012 ini semua sudah memakai velg racing hal ini bebeda dari Daihatsu Ayla type D dan M.
 Toyota Agya Medium-Grade (E)
          Interior Toyota Agya secara umum terkesan lapang, begitu juga pada bagasinya. Semua tipe sudah terpasang AC, power window dengan auto down untuk pengemudi dan central door lock, jok berbahan fabric dengan sandaran kepala serta sabuk keselamatan. Untuk varian TRD S dan G dilengkapi dengan fitur chrome AC Register, chrome list di combination meter, 2 Din audio CD/MP3/USB/Aux, chrome parking brake knob dan chrome parking shift lever knob, serta sistem power steering. Sedangkan pada varian Medium-Grade (E) dilengkapi speedometer, dan 1 Din audio CD/MP3/USB/Aux. Kabarnya untuk versi TRD-S sudah dilengkapi dual airbag di depan.
           Dimensi Astra Toyota Agya sebagai berikut panjang 3.580mm dengan lebar 1.600 mm, tinggi 1.530 mm serta wheelbase 2.730 mm dengan radius putar diklaim 4,4 meter. Agya menggendong mesin berkode 1KR dengan kapasitas 998 cc, DOHC fuel injection. Tenaga diklaim mencapai 65 hp pada 6.000 rpm dan torsi 85 pada 3.600 rpm. Mesin tersebut di joinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. 
           Lalu bagaimana soal harga? Harga Toyota Agya masih belum diumumkan mengingat regulasi Low Cost and Green Car (LCGC) belum di terbitkan pemerintah. Namun informasi yang tersiar Toyota Agya termurah akan berharga Rp. 80 jutaan.

PERBEDAAN TOYOTA AGYA DAN DAIHATSU AYLA

Astra Toyota Agya
       Mobil kembar non identik yang tengah jadi buah bibir di ranah otomotif nasional yakni Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya memang fenomenal. Ditengah kefenomenalannya dan isu regulasi LCGC yang tak kunjung keluar kita bisa melihat lebih detil perbedaan yang ada pada kedua calon (dumot sebut calon karena memang belum dikasih label murah) mobil murah Astra ini. 
 Astra Daihatsu Ayla
       Perbedaan antara Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya ada beberapa. Pertama, paling mencolok adalah desain bagian muka. Ya, anda tentu sudah lihat. Tak seperti Xenia dan Avanza yang identik, calon mobil murah ini beda pada bagian grill, bemper depan dan rumah fog lamp. Pada Toyota Agya grill mengadopsi seperti milik kembar Avanza-Xenia (model smile) sementara Daihatsu Ayla menerapkan grill besar dari ujung kap mesin hingga bemper bawah yang di split semacam plastik berwarna hitam. Grill tersebut berbentuk hexagonal mirip punya model2 mobil Hyundai saat ini. Sedang rumah fog lamp pada Toyota Agya berbentuk segitiga, Daihatsu Ayla memilih bentuk bulat (elips). Namun bentuk lampu utama maupun fog lamp keduanya tetap sama.
 Beda pada facia depan

         Masih pada area depan, logo Daihatsu Ayla berbentuk menyerupai huruf A berdesain tajam dengan bingkai elips. Sedang logo Toyota Agya berdesain burung garuda berbingkai elips. Pindah ke bagian buritan anda juga akan melihat perbedaanya. Toyota Agya menempelkan logo "Astra Toyota" pada bagian sisi kiri mobil sedang Daihatsu Ayla mengkaryakan logo "Astra Daihatsu". Hal itu ternyata bukannya alasan. 
       Mengenai beda desain menurut Mark Widjaja, sang perancang, "Karena Toyota dan Daihatsu sekarang memiliki Corporate Identity masing-masing. Agar masing-masing memiliki ciri masing-masing. Supaya dari jauh bisa ketahuan mana yang Toyota dan mana yang Daihatsu. Dan ini berbeda dengan Xenia dan Avanza." Sedang tentang nama dan penerapan logo yang berbau Indonesia menurut Presdir PT Astra Daihatsu Motor Sudirman MR, ""Kita dibisikkan katanya LCGC itu harus betul-betul (bukan menjadi kendaraan murah), di mana kandungannya harus bagus, bagasinya luas, dan namanya juga harus lokal. Selain itu kan yang mendesain Daihatsu Motor, padahal waktu itu Daihatsu dari berbagai negara seperti yang berada Prancis dan Italia juga mengajukan. Tapi ternyata kita (Astra Daihatsu Motor) yang dipilih," ungkapnya. 
        Dilain sisi perbedaan pada bagian interior Toyota Agya dan interior Daihtasu Aylatentunya juga ada namun hal ini belum jelas. Hanya dikabarkan bahwa pada versi termurahnya (Daihatsu Ayla) kursi belakng tak ada headrest.